7 Tempat MICE Terbaik di Macao

April 11th, 2019 / / Comments Off on 7 Tempat MICE Terbaik di Macao
Posted in Newsflash

Menawarkan perpaduan budaya yang unik antara Cina dan Portugis, Macao tak hanya menarik sebagai destinasi liburan, namun juga merupakan salah satu tempat terbaik di Asia untuk menyelenggarakan MICE. Menawarkan akses mudah dari Hong Kong International Airport via Hong Kong-Zhuhai-Macau Bridge dengan perjalanan darat selama 35 menit saja, penyelenggara MICE pun tak akan kekurangan opsi saat menentukan tempat untuk menggelar rapat, insentif, konferensi, dan pameran dengan deretan venue modern berfasilitas lengkap. Berikut tujuh di antaranya yang dapat dipertimbangkan.

  • Sands Resorts Macao

Resor terpadu dan terkemuka di Asia ini terdiri delapan hotel bertaraf internasional, yaitu The Venetian Macao, The Parisian Macao, Sands Macao, Holiday Inn Macao Cotai Central, Conrad Macao Hotel, Sheraton Grand Macao Hotel, The St. Regis Macao, dan Four Seasons Hotel Macao, yang bila digabung menawarkan setidaknya 12.000 kamar, 850 outlet belanja, dan 150 restoran. Tak hanya itu, venue untuk MICE pun beragam, mulai dari Kashgar Ballroom di Sheraton Grand Macao Hotel yang dapat menampung hingga 5.000 tamu dengan kolam renang luar ruang Tiki Pool yang cocok untuk acara makan malam atau pesta koktail – hingga Terrace Suite yang menawarkan panorama Cotail Strip dari lantai 41 untuk acara yang lebih privat. Sementara The Venetian Macao memiliki ruang pameran dengan kapasitas hingga 2.300 booth, ballroom yang dapat menampung hingga 7.000 tamu, teater berkapasitas 1.800 kursi untuk acara pembukaan dan konferensi pers, serta 108 ruang rapat – di mana semua acara tersebut dapat diatur oleh para perencana profesional dari hotel tersebut dan dipadukan dengan berbagai pertunjukan menarik, seperti gelaran tari dan musik hidup. Mengembangkan program Sands ECO360° Meeting yang melakukan pendekatan holistik, kompleks resor ini juga menawarkan sejumlah cara untuk mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan dari acara-acara yang digelar.

  • Macau Fisherman’s Wharf

Terletak di luar dermaga Macao, atau sekitar lima menit berjalan kaki dari terminal feri, Fisherman’s Wharf yang menempati area seluas 133.000 meter persegi ini memiliki salah satu venue MICE terbesar di Macau Peninsula dengan beragam pilihan ruangan, mulai dari dua ruang VIP yang masing-masing dapat menampung meja rapat untuk 10 orang, lima Multi Function Room, hingga tiga Main Hall untuk acara besar hingga 3.000 tamu. Untuk aktivitas team building, Fisherman’s Whaf juga memiliki amfiteater seluas 3.500 meter persegi dengan arsitektur yang menyerupai Colosseum di Roma. Tempat ini dapat menampung hingga 2.000 orang dan telah dilengkapi teknologi audiovisual kelas dunia.

  • Grand Hyatt Macau

Terletak di City of Dreams, kompleks hotel dan kasino di Cotai, Grand Hyatt Macau mendedikasikan seluruh lantai dua bangunannya untuk fasilitas MICE. Grand Ballrom yang megah dan tanpa pilar dengan langit-langit setinggi delapan meter dapat menampung hingga 2.000 tamu. Ballroom ini dapat dibagi menjadi empat ruangan, dengan masing- masing dilengkapi ruang kontrol tersendiri, tata cahaya untuk catwalk, serta enam proyektor paling canggih di dalamnya. Di sampingnya ada Salão do Teatro yang tak kalah mengesankan dengan dapur terbuka yang dapat menampung hingga 20 koki sekaligus dan sejumlah kamera yang dapat menyiarkan aksi sang koki secara langsung melalui proyektor. Ruangan tersebut dapat menampung hingga 360 tamu untuk jamuan makan. Untuk acara yang lebih santai, Pool Deck di lantai tiga dapat melayani jamuan barbekyu untuk 420 tamu, sementara Pool House dilengkapi bar yang nyaman dengan ruang duduk dalam dan luar ruang untuk 120 tamu. Sementara untuk akomodasi, penyelenggara MICE tak akan kekurangan opsi dengan 1.400 kamar dan suite yang tersebar di Grand Hyatt Macau, The Countdown Hotel, Nüwa, dan Morpheus rancangan Zaha Hadid yang baru beroperasi Juni 2018.

Studio City

Merupakan venue yang terbilang baru di Cotai, hotel bertema film ini terutama terkenal dengan atraksi hiburannya, seperti Batman Dark Flight dan Golden Reel, namun bagi penyelenggara MICE yang berniat menggelar acara di sini tak akan kecewa. Studio City memiliki Grand Ballroom bergaya Art Deco yang dapat menampung hingga 1.800 tamu untuk berbagai acara dalam ruang, atau Event Garden yang menghadap dek kolam renang yang terletak persis di samping ballroom untuk acara yang lebih kasual, seperti pesta koktail dan jamuan prasmanan di bawah langit malam. Taman asri ini juga terhubung dengan akses ke Golden Reel yang menawarkan panorama kota dari ketinggian. Opsi lainnya untuk after party adalah ShowHouse dengan permainan musik dari DJ dan lantai dansa untuk menari sepanjang malam bersama rekan-rekan kerja Anda.

  • Macau Sailing

Untuk venue yang lebih unik, kapal layar Tiongkok klasik dengan sejarah lebih dari empat dekade dari operator Macau Sailing ini dapat menjadi pilihan. Kapal yang telah direnovasi ini dapat disewa seluruhnya untuk berpesiar menyusuri perairan di sekitar Macao, entah untuk rapat perusahaan, pesta, maupun kegiatan team building. Operator tur ini juga dapat mengatur perjalanan menuju Qingzhou Shuidao, perairan antara Macao dan Hong Kong, untuk melihat lumba-lumba putih China (Sousa chinensis) yang khas karena warna kemerahan pada tubuhnya.

  • Macau Tower Convention & Entertainment Centre

Landmark setinggi 338 meter ini merupakan venue acara kelas dunia untuk gelaran konferensi, pertemuan perusahaan, pameran dagang, dan seminar pelatihan. Beberapa fasilitasnya antara lain Grand Hall yang dapat menampung hingga 1.000 tamu dengan ruangan yang dapat dibagi menjadi beberapa ruang rapat untuk mengakomodasi acara dalam berbagai skala, teater berkapasitas 500 kursi untuk pemutaran film, pertunjukan seni, seminar, dan berbagai acara lainnya, serta lounge berdinding kaca yang menawarkan panorama kota dari ketinggian untuk pesta koktail dan jamuan makan malam dengan kapasitas 75 kursi.

  • Macau Science Centre

Dirancang oleh arsitek ternama dunia I. M. Pei, bangunan berbentuk kerucut asimetris dengan dinding keperakan ini terdiri planetarium, pusat konvensi yang terdiri aula berkapasitas 450 orang dan empat ruang rapat, serta ruang pameran yang terbagi dalam beberapa tema, termasuk Robotic, Meteorology, dan Space Science untuk menumbuhkan minat terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi dengan cara yang menyenangkan. Penyelenggara MICE juga dapat memanfaatkan digital proyektor yang menampilkan film ultra HD dengan efek visual 3D di Space Theatre.