5 Atraksi Wisata Ini Jadi Inspirasi Film Disney

April 6th, 2018 / / Comments Off on 5 Atraksi Wisata Ini Jadi Inspirasi Film Disney
Posted in Newsflash

Inspirasi bisa datang dari mana saja, seperti atraksi wisata yang menjadi cikal-bakal lahirnya sebuah film, seperti produk-produk Disney yang populer. Bangunan kastil tua, air terjun yang berada di atas tebing tinggi, suasana kota kecil yang menyenangkan, dan reruntuhan kota kuno menjadi sumber inspirasi bagi sejumlah film Disney berikut ini.

Sleeping Beauty (1959)

Istana Puteri Aurora dalam kartun “Sleeping Beauty” mengambil bentuk dari Kastil Neuschwanstein, salah satu landmark terkenal di Jerman. Bentuk istana itu juga kemudian digunakan Disney sebagai logonya. Pemilihan logo Disneyland ini konon sebelum pembangunan Disneyland di Anaheim, yakni ketika Walt Disney mengunjungi Kastil Neuschwanstein dan terpesona dengan kemegahan kastil bergaya Roman dari abad 19 tersebut.

Up (2009)

Sutradara film “Up” dan tim kreatif Pixar mengunjungi Angel Falls di Venezuela, air terjun tertinggi di dunia. Setelah ribuan foto, video, dan sketsa dibuat, lahirlah sebuah tempat yang diimpikan tokoh kakek Carl Frederikson, yaitu dunia tersembunyi di Paradise Falls.

The Emperor’s New Groove (2010)

Reruntuhan suku Inca Machu Picchu yang berada di ketinggian 2.430 meter di atas permukaan laut ini adalah inspirasi dari desa asal tokoh Pacha dalam “The Emperor’s New Groove”, tempat Emperor Kuzco ingin membangun taman hiburan Kuzcotopia. Walau di film dikisahkan desa Inca ini ditentang untuk dijadikan atraksi turis, ironisnya Machu Picchu merupakan atraksi wisata utama Peru yang selalu ramai pengunjung.

Tangled (2010)

Kastil tempat Rapunzel dikurung terinspirasi dari Mont Saint-Michel di Normandy. Pelukis Perancis Laurent Ben-Mimoun ketika diminta mengkonsep istana untuk film Tangled, mencari inspirasi dari lukisan cat minyak abad ke-18 karya Fragonard yang mengingatkannya kepada Mont Saint-Michel. Ketika proses produksi dimulai, ia menambahkan gaya Renaisans Prancis – dalam bentuk menara mungil – ke Mont Saint-Michel sebagai istana dalam “Tangled”.

Frozen (2013)

Selain Kastil Arendelle yang terinspirasi dari Akershus Fortress di Oslo, film ini juga mengadaptasi gaya berpakaian penduduk di sekitar fjord Norwegia untuk tokoh utama Anna dan Elsa. Interior kastil, tempat Elsa mengurung diri dan Anna bernyanyi di balik pintu, mengambil model dari istana Stiftsgården di Trondheim. Sedangkan kota rekaan Arendelle meniru dari tampilan Bryggen di Bergen, sebuah kota yang dinobatkan UNESCO sebagai World Heritage Site.