3 Tahapan Pembukaan Kembali Pariwisata di Bali

July 10th, 2020 / / Comments Off on 3 Tahapan Pembukaan Kembali Pariwisata di Bali
Posted in Newsflash

Sejak 9 Juli, Bali mulai membuka kembali tempat-tempat wisata, namun terbatas bagi warga lokal. Sebelum dibuka kembali, sektor pariwisata Bali telah melakukan persiapan terkait penerapan protokol keselamatan, seperti pembatasan kuota kunjungan maksimal 75 orang di tiap pantai dan melakukan prosedur keamanan sesuai instruksi instansi kesehatan resmi.

Memasuki tatanan kehidupan era baru, Bali merancangkan tiga tahapan penting dalam pembukaan kembali pariwisata dan sektor-sektor penting lainnya, yaitu pelaksanaan aktivitas secara terbatas dan selektif bagi masyarakat lokal mulai 9 Juli. Kantor pemerintah, kegiatan adat dan keagamaan, keuangan, perindustrian, perdagangan, logistik, transportasi, koperasi, UMKM, pasar tradisional, pasar modern, restoran/warung, pertanian, perkebunan, kelautan/perikanan, peternakan, jasa, dan konstruksi sudah dapat beroperasi kembali, sedangkan sektor pariwisata nasional belum.

Di tahap kedua, sektor pariwisata mulai membuka akses bagi wisatawan domestik per 31 Juli, sedangkan penerimaan wisatawan mancanegara akan berlangsung di tahap ketiga pada 11 September. Nantinya, Bali akan mengeluarkan sertifikasi khusus yang menjamin keamanan berwisata di era normal baru yang disebut Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru Masyarakat Produktif Aman Covid-19.