19 Negara Berkumpul di Sulawesi Tengah Untuk GMT

February 15th, 2016 / / Comments Off on 19 Negara Berkumpul di Sulawesi Tengah Untuk GMT
Posted in Newsflash

 

Kota Palu dan Tomini di Sulawesi Tengah akan menjadi salah satu pusat perhatian saat Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016 nanti. Setidaknya peminat gerhana dari 19 negara kini suda bertandang ke sana.

“Gerhana Matahari Total (GMT) bagi warga Jepang sangat bermakna. Karena itu sejak dipromosikan tahun lalu, banyak orang Jepang yang sudah reservasi hotel di Palu,” jelas Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola mengoptimalkan momentum langka yang hanya 350 tahun sekali ini dengan banyak aktivitas pariwisata.

“Salah satunya akan menggelar Total Solar Eclipse International Gateball Tournament pada 8-9 Maret 2016 di Palu,” kata Gubernur Longki Djanggola. Penyelenggaraan turnamen internasional ini seklaigus mempromosikan Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan melewati Sulawesi Tengah.

Gateball adalah olahraga yang menggabungkan antara unsur hiburan dengan kompetisi dan bisa dimainkan orang tua dan muda. Total Solar Eclipse International Gateball Tournament akan diikuti 39 tim. Dan19 di antaranya berasal dari mancanegara, yaitu Tiongkok, Hong Kong, Jepang, Korea, Macau, Filipina, Taipei, Australia, Argentina, Brasil dan Kanada. Paraguay, AS, Singapura, India, Laos, Thailand, Swiss dan Peru juga turut bergabung dalam turnamen ini.