10 Cara Beradaptasi di Kota Besar

October 26th, 2018 / / Comments Off on 10 Cara Beradaptasi di Kota Besar
Posted in Newsflash, TRAVEL

Bepergian ke kota asing membuat Anda harus cepat beradaptasi dengan lingkungan baru. Apalagi bila kebetulan berkunjung ke kota-kota besar seperti Meksiko, Moskow, atau Tokyo. Karena itulah, cobalah 10 cara sederhana di bawah ini agar Anda dapat cepat bertransisi ke suasana baru.

Tinggal di Satu Lingkungan Kecil

Tak ada gunanya mencoba untuk melihat seluruh kota hanya dalam waktu singkat. Cara terbaik adalah dengan memilih lingkungan yang Anda pikir akan Anda sukai, di mana ada banyak hal untuk dilihat, dan mengenalnya seperti penduduk lokal. Anda dapat menginap di apartemen dari situs seperti Airbnb, menjadi pelanggan tetap di sebuah kafe, menikmati kehidupan di jalanan, dan melihat semua pemandangan di bagian kecil kota Anda. Anda dapat melakukan perjalanan ke area lain di kota, tetapi sebaiknya Anda menemukan lingkaran yang lebih kecil untuk bergerak dan mengurangi waktu yang akan Anda buang dari satu tempat ke tempat lain.

Menggunakan Buku Panduan

Buku ini bukanlah panduan untuk segalanya selama Anda tinggal di kota asing. Namun bila ingin mengeksplor kota baru, menemukan atraksi wisata utama, dan mencari tahu lingkungan terbaik untuk tinggal, informasi dasar yang ada  di dalam buku panduan tersebut akan sangat berharga. Gunakan buku ini sebagai bahan riset sebelum pergi, dan tinggalkan ketika mulai menjelajah kota.

Rencanakan Perjalanan

Di kota besar, waktu sangatlah berharga. Anda tidak ingin terlalu banyak menghabiskan waktu liburan dengan memutuskan ke mana harus pergi berikutnya dan bagaimana mencapainya. Karena itulah sebelum tiba di kota tujuan, cari tahu terlebih dahulu tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi secara detail, baik dari lokasi, akses, jam operasional, hingga waktu terbaik berkunjung ke sana.

…Namun Jangan Berlebihan

Hal yang menarik dari kota-kota besar di dunia adalah sifatnya yang tidak dapat diprediksi – hal-hal tak terduga bisa terjadi begitu saja. Ada festival seru, bar trendi, toko yang menarik perhatian, dan bahkan orang asing yang mengundang Anda untuk melakukan banyak hal. Anda tidak ingin kunjungan Anda begitu terencana sehingga Anda tidak bisa menikmati semua hal ini.

Menggunakan Transportasi Umum

Sistem metro, jaringan bus, atau bahkan becak mungkin tampak sedikit menakutkan pada awalnya, tetapi bila ingin berkeliling kota dengan cara yang paling efisien (dan paling murah), transportasi umum adalah opsi terbaik. Anda mungkin berakhir di tempat yang salah sesekali, tetapi itu semua adalah bagian dari pengalaman.

Hindari Jam Sibuk

Rencanakan perjalanan Anda dengan baik, sehingga dapat melakukan sebagian besar aktivitas di tengah hari atau larut malam ketika mesti berhadapan dengan orang yang lebih sedikit. Selama jam-jam sibuk, Anda dapat melewatkan waktu dengan menjelajah museum, makan di restoran, atau mengeksplor taman.

Menyesatkan Diri

Ide menyesatkan diri di kota besar mungkin tampak menakutkan, tetapi ini merupakan satu-satunya cara untuk menemukan apa yang sebenarnya ada di luar sana. Tinggalkan buku panduan, lipat peta, dan berjalanlah. Anda akan kagum dengan apa yang akan Anda temukan. (Di kota-kota tertentu, lebih baik tidak melakukan hal ini di malam hari.)

Pergi Sendirian

Mungkin Anda tidak nyaman pergi sendirian ke bar, restoran, atau konser di kota tempat Anda tinggal. Namun kota besar yang Anda tuju ini adalah kota asing, sehingga Anda dapat bebas mengeksplornya tanpa orang mengenal Anda. Makanlah di meja untuk satu orang, minumlah di bar sendirian, serta pergilah ke klub dan menari seperti tak ada yang menonton Anda – karena sebenarnya, mereka mungkin benar-benar tidak mengacuhkan Anda.

Memperhatikan Cara Penduduk Setempat Berperilaku

Di kota besar, semua aktivitas yang Anda lakukan juga akan dilakukan kerumunan besar orang lainnya, mulai dari sekadar memesan makanan, mengantre di bar, hingga naik kereta. Hal ini memang terdengar mengintimidasi, namun satu-satunya cara yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan cara mereka berperilaku, dan melakukan hal yang sama. Apakah semua orang mendorong antrean? Lakukan hal yang sama. Apakah semua orang meneriakkan perintah mereka? Lakukan hal yang sama. Anda akan merasa seperti orang lokal dalam waktu singkat.

Keluar dari Kota

Bertanya-tanyalah kepada orang sekitar, ke mana mereka pergi ketika sudah tak tahan lagi dengan keramaian kota? Biasanya, tempat tersebut dapat dicapai dalam waktu singkat dan menawarkan suasana yang sama sekali berbeda dan jauh dari hiruk-pikuk kehidupan kota.