Menikmati Karya Seni Jalanan Secara Daring

April 23rd, 2020 / / Comments Off on Menikmati Karya Seni Jalanan Secara Daring
Posted in Editor's Picks

Dengan adanya pembatasan perjalanan, bukan berarti menghentikan langkah untuk menikmati panorama alam, menjelajah museum, atau menyaksikan keseruan para satwa di kebun binatang. Semuanya dapat dinikmati dari rumah dengan berbagai program virtual yang interaktif, yang mendekatkan pejalan dengan tempat-tempat tersebut. Selain berkunjung ke sejumlah atraksi wisata, Anda dapat pula menikmati karya seni jalanan melalui wadah daring yang menyajikan kumpulan foto dan perjalanan virtual dari jalanan-jalanan artistik di seluruh dunia.

St+art India

St+art India adalah yayasan nirlaba yang berbasis di Delhi, yang menciptakan proyek seni di ruang publik di India. Tujuan mereka adalah membuat seni dapat diakses dan demokratis untuk semua orang, menjadikannya tersedia di luar tembok galeri yang hanya dikunjungi oleh sedikit orang. Halaman Google Arts & Culture-nya berisi ratusan foto dari proyek mereka dan pameran daring yang berlokasi sekitar Delhi dan Mumbai.

Brooklyn Street Art

Kota New York tidak diragukan lagi dalam hal pemandangan seni jalanan yang dinamis dan beragam di dunia. Apalagi dengan lima borough (Manhattan, Brooklyn, Queens, Bronx, dan Pulau Staten) berbeda, yang masing-masing menawarkan karakter tersendiri. Salah satu yang unik adalah Brooklyn dengan Brooklyn Street Art-nya, yang mendokumentasikan seni jalanan. Melalui situs resminya, pengunjung dapat menyimak konten menarik seputar wawancara dengan seniman dan tokoh seni, tentu saja termasuk memamerkan karya-karya seni jalanan yang artistik.

Street Art News

Street Art News adalah majalah daring yang mencakup wawancara dengan seniman, retrospektif, pengumuman peluncuran acara, video, dan galeri seni jalanan dari seluruh dunia. Lebih dari sekadar gambar, Street Art News menyediakan banyak informasi tentang pergerakan seni urban kontemporer.

Street Art Cities

Street Art Cities adalah wadah bagi seniman, wisatawan biasa, dan penggemar seni jalanan untuk merekam, menemukan, dan mendokumentasikan seni jalanan di seluruh dunia. Situs ini menyertakan peta interaktif dengan titik-titik ikonis di 79 negara, di mana aplikasinya sangat menarik dan ramah bagi pengguna. Cari kota pilihan Anda untuk melihat karya seni jalanan atau buat rute untuk diikuti jika suatu saat nanti Anda berhasil menjejakkan kaki di kota tersebut.

Street Art 360

Didirikan oleh penggemar seni jalanan yang berbasis di Edinburgh, Street Art 360 adalah majalah daring yang menyediakan biografi artis, wawancara, foto, panduan kota seni jalanan, ulasan buku, dan informasi tentang pameran, festival, dan berita terkait di seluruh dunia. Sebuah organisasi nirlaba, Street Art 360 menyatukan penulis, editor, dan seniman dari seluruh dunia, disatukan oleh kecintaan mereka pada seni jalanan. Pendirinya menjalankan tur seni jalanan Glasgow, Skotlandia.

Penang Street Art

Kota terbesar kedua di Malaysia, Penang, terkenal dengan mural interaktif dan patung-patung besi tempa. Jika menelusuri George Town yang bersejarah, yang tercatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, pejalan dapat menemukan mural-mural menarik buatan seniman asal Lithuania, Ernest Zacharevic, yang dilukis di samping rumah-rumah mewah atau toko-toko era kolonial yang elegan. Untuk memudahkan pencarian, Tourism Penang menawarkan panduan digital yang dapat diunduh, mencakup peta dengan karya seninya, serta foto-foto menarik mengenainya.

Turnpike Art Group

Seperti New York, London adalah kota modern bak galeri seni terbuka, yang memanjakan mata dengan beragam karya seni terbaik. Melalui Turnpike Art Group, kelompok ini bertujuan untuk “menghancurkan” dinding galeri dan memberikan pengalaman seni gratis kepada semua kalangan, tanpa terkecuali. Situs resmi mereka menyediakan foto-foto karya berbasis jalan mereka, serta informasi latar belakang tentang para seniman dan instalasi.