Mencicipi Nyepi di Bali

February 22nd, 2018 / / Comments Off on Mencicipi Nyepi di Bali
Posted in Editor's Picks

Meski dahulu Nyepi menjadi low season pariwisata, kini semakin banyak orang yang penasaran dan ingin menikmati kesenyapan berbonus udara yang lebih bersih dan langit yang lebih biru dari biasanya itu. Persiapan Nyepi (tahun ini jatuh pada 17 Maret) berlangsung sejak tiga hari sebelumnya, yaitu dimulai dengan penyucian segala sarana persembahyangan di sungai, danau, atau pantai, hingga sehari sebelum Nyepi saat masyarakat berbondong-bondong ke lapangan dengan iringan musik sambil membawa sesajen sebagai persembahan untuk Buta Kala agar tidak mengganggu penduduk.

Pawai Ogoh-ogoh

Titik melihat ogoh-ogoh terbaik biasanya ada di pusat kota atau keramaian, seperti Kuta, Sanur, dan Ubud. Denpasar bahkan menyelenggarakan kontes ogoh-ogoh terbaik setiap tahunnya di Lapangan Puputan Badung yang diikuti puluhan hingga ratusan ogoh-ogoh dari masing-masing kecamatan. Tak hanya keunikannya yang dinilai, kreasi tari dan tabuh yang mengiringi ogoh-ogoh juga menjadi perhatian juri dan warga yang menonton. Bila ingin melihat pawai ogoh-ogoh, pilihlah yang terdekat lokasinya dari hotel karena banyak jalan yang akan ditutup untuk pawai. Sekitar Pantai Kuta biasanya tutup mulai pukul 17:00 hingga 21:00 WITA. Ogoh-ogoh pun mudah ditemui di berbagai kawasan di Bali, karena diarak keliling kota hingga ke pelosok desa sebelum akhirnya dibakar. Jika berencana tinggal di hotel selama 24 jam, pastikan akomodasi tersebut nyaman dengan fasilitas yang masih beroperasi saat Nyepi. Pastikan juga jam operasional restoran – entah tutup atau hanya buka saat jam-jam tertentu. Hotel harus beroperasi dengan jumlah staf yang lebih sedikit karena sejumlah besar di antaranya merayakan Nyepi bersama keluarga.

Nyepi di The Westin Resort Nusa Dua

The Westin Resort Nusa Dua menawarkan paket menginap seharga Rp 1.800.000 per malam di Deluxe Garden Room. Paket ini sudah termasuk makan malam prasmanan di Hari Nyepi untuk dua dewasa dan dua anak-anak (tarifnya Rp 495.000++ per orang bila tidak menginap), serta sarapan SuperFoodsRX yang bergizi untuk keesokan paginya.

Di malam Nyepi, atau tepatnya pada 16 Maret, resor ini juga bakal menggelar acara makan malam di tepi pantai dengan pertunjukan budaya lokal. Acara ini dapat dinikmati seharga Rp 450.000++ per orang. Sementara keesokan harinya, karena mesti tinggal di resor, The Westin Resort Nusa Dua pun telah menyiapkan paket spa dan kelas yoga khusus untuk keluarga (dua dewasa dan dua anak) seharga Rp 2.100.000 per paketnya; atau paket perawatan seluruh tubuh, mulai dari natural facial, body scrub, hingga pijat yang menenangkan, seharga Rp 1.550.000 per orang. Anak-anak pun dapat menikmati akses tak terbatas ke Westin Family Kids Club untuk menjajal beragam aktivitas, seperti membuat layang-layang dan memancing, selain mengikuti acara menonton bersama pukul 19:00 yang ditutup dengan menyaksikan bintang di taman resor.

Tip selama Nyepi:

  • Sehari sebelum Nyepi, saat menonton pawai ogoh-ogoh, Anda bebas tertawa, berbicara, dan berteriak sekencang mungkin. Hal ini dilakukan untuk mengusir roh jahat. Namun sesudahnya, hindari tertawa atau bicara keras-keras.
  • Nyepi berlangsung mulai pukul 06:00, karena itu wajib kembali ke hotel sebelumnya.
  • Dilarang bepergian saat Nyepi hingga pukul 06:00 keesokan harinya, bahkan bila tidak menggunakan kendaraan dan hanya sekadar berjalan-jalan di pantai. Terdapat pecalang yang akan menegur bila nekat bepergian saat Nyepi.
  • Bila menginap di hotel masih boleh melakukan kegiatan di luar kamar, namun tetap di kompleks hotel dan kegiatannya tidak boleh yang dapat menimbulkan bising. Kolam renang pun bakal ditutup. Bila menginap di daerah yang dekat pemukiman penduduk, maka hanya boleh beraktivitas di dalam kamar.
  • Bahkan bila terdapat fasilitas dapur di kamar hotel, sebaiknya tidak memasak saat Nyepi.
  • Tetap dapat menggunakan peralatan elektronik di kamar hotel, hanya saja siaran televisi lokal serta radio biasanya dihentikan selama Nyepi. Bila ingin menonton DVD atau menyetel musik, pastikan untuk mengecilkan volume agar tidak mengganggu. Di malam hari, tetap bisa menyalakan lampu di kamar, namun tutup tirai agar cahaya tidak terlihat dari luar.
  • Pertokoan, rumah makan, dan seluruh penyedia jasa berhenti beroperasi, kecuali rumah sakit. Siapkan keperluan sehari sebelum Nyepi, seperti uang tunai, makanan dan minuman, serta obat-obatan. Pastikan memilih hotel yang menyediakan sarapan. Untuk makan malam, karena penerangan yang sangat dibatasi, biasanya disajikan di dalam kamar.
  • Bandara tutup mulai pukul 06:00 WITA dan baru beroperasi 24 jam kemudian. Akses melalui pelabuhan juga ditutup. Idealnya, dua hari sebelum Nyepi sudah berada di Bali untuk melihat ogoh-ogoh dan persiapannya.