Lima Makanan yang Wajib Dicoba Saat Berlibur di Ho Chi Minh

September 12th, 2017 / / Comments Off on Lima Makanan yang Wajib Dicoba Saat Berlibur di Ho Chi Minh
Posted in Editor's Picks

Kebanyakan turis yang berkunjung ke Ho Chi Minh pasti mencicipi Pho, dan setidaknya pernah mendengar tentang Banh Xeo, panekuk Vietnam yang terkenal. Namun tahukah Anda kalau orang Ho Chi Minh sendiri hampir dua kali lebih sering makan Hue Beef Noodle dibanding Pho yang sudah mendunia?

Lain kali ke Ho Chi Minh, berikut adalah lima makanan khas yang wajib dicoba.

1. Banh Trang Tron 

Saat berkeliling Ho Chi Minh, pejalan pasti dapat dengan mudah menemukan penduduk lokal yang sedang menikmati Banh Trang Tron dengan sumpit di pinggir jalan. Biasa disajikan sederhana dalam kantong plastik, menu ini berupa rice paper (bungkus lumpia dari tepung beras) yang dipotong tipis, kemudian dibumbui dengan cabai, dendeng, mangga asam, udang, dan rempah-rempah. Beberapa penjual menambahkan telur puyuh rebus dan mentega, sementara yang lain memberikan ekstra dendeng atau udang.

Menu ini tak hanya tersedia di kios pinggir jalan, namun juga di rumah makan yang lebih mewah. Namun bila ingin mengunjungi salah satu tempatnya yang terpopuler, cobalah ke Bánh Tráng Trộn Chú Viên di 48 Nguyễn Thượng Hiền, Ward 5, District 10.

2. Bun Bo Hue

Berasal dari Kota Hue, Vienam Tengah, menu ini merupakan rival Pho di Vietnam dalam hal rasa dan popularitas. Sementara Pho memiliki rasa kuah yang manis dan mild (ringan), kuah pada Hue terdiri rempah-rempah (seperti serai), cabai, dan terasi khas Vietnam. Kuah ini kemudian disajikan dengan mi bulat dan tebal (rice vermicelli noodle) serta irisan daging sapi, sementara di meja pun biasanya sudah tersedia cabai rawit, terasi, jeruk nipis, dan kecap ikan bagi yang ingin menambahkan rasa pada Bun Bo Hue mereka.

Menu ini terutama direkomendasikan bagi penyuka pedas (pastikan untuk menyiapkan tisu dan memesan minuman sebelum melahapnya). Bagi yang tertarik mencicipinya, Bún bò gánh Lý Chính Thắng di 110 Ly Chinh Thang Street, Ward 8, District 3 bisa menjadi pilihan.

3. Com Tam

Pada dasarnya, menu ini berupa nasi dengan irisan daging babi panggang dan goreng. Penduduk lokal kemudian menambahkan beberapa pilihan lauk, seperti telur goreng atau rebus dan kulit babi goreng, kemudian menuangkan saus ikan asam dan manis ke atasnya.

Com Tam biasanya dinikmati sepanjang hari, terutama untuk sarapan dan makan malam. Bila ingin menjajalnya, pastikan untuk bangun sepagi mungkin agar dapat memilih lauk pilihan yang biasanya habis sebelum pukul 10:00. Salah satu tempat yang direkomendasikan adalah Cơm Tấm Bà Hạt di 280 Ba Hat, District 10.

4. Che Mam 

Ada beberapa tempat makan di Ho Chi Minh yang menyediakan aneka dessert dalam mangkuk mungil. Ditata di atas nampan (atau mam dalam bahasa Vietnam), jumlah mangkuknya bisa mencapai 15, sehingga dengan cara ini Anda dapat mencicipi semua dessert tersebut dalam satu waktu. Salah satu tempat terbaik untuk menikmatinya adalah di Quán Chè Khánh Vy (242B Sư Vạn Hạnh Street, District 10).

5. Siput dan Kepiting

Bagi penduduk lokal, tempat terbaik untuk menikmati bir adalah di salah satu penjaja makan populer yang menjual siput dan kepiting. Dengan memesan setidaknya lima hidangan yang berbeda dari hampir seratus pilihan yang ada, mereka dapat minum bir hingga tengah malam. Menunya beragam di masing-masing tempat, namun menu yang paling sering ditemui adalah siput laut yang dimasak dalam saus mentega bawang putih, serta bekicot bakar dan bekicot rebus. Bila tertarik mencicipinya, salah satu tempat yang direkomendasikan adalah Ốc Đào di 212B Nguyễn Trãi, District .