Di Balik Bukit, Ada Sintra yang Cantik

July 5th, 2019 / / Comments Off on Di Balik Bukit, Ada Sintra yang Cantik
Posted in Editor's Picks

Hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam perjalanan naik kereta dari Lisbon Anda bisa menjejakkan kaki di kota Sintra, kota cantik di balik bukit yang berada di kawasan Portuguese Riviera. Bisa disebut sebagai permata yang tersembunyi di daratan Portugal, Sintra ideal dikunjungi sebagai perjalanan satu hari dari Lisbon tapi juga menyenangkan untuk disinggahi selama beberapa hari.

Apa yang menarik di Sintra? Berikut ini lima destinasi yang patut dikunjungi jika bertandang ke Sintra.

1. Pena Palace

Berdiri megah di atas bukit, Pena Palace yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO menjadi bangunan ikonik di Sintra yang tampil ceria dengan warna bangunan nan cerah, yang merefleksikan kekaguman raja Ferdinand II – sang penggagas berdirinya istana terhadap seni. Mengingat Pena Palace merupakan tujuan wisata utama di Sintra, sebaiknya datanglah lebih awal, begitu istana dibuka yakni pada pukul 09:30 dan hindari kunjungan saat akhir pekan. Untuk mencapai istana, wisatawan dapat mendaki melewati jalur yang agak sempit dan membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan. Saat musim panas perjalanan akan semakin terasa berat berkat hawa panas yang cukup menyengat. Jika terlalu malas untuk mendaki, dapat menaiki bus nomor 434, naik taksi atau menyewa tuk-tuk. Pena Palace buka setiap hari mulai pukul 09:30-19:00 (area istana) dan 09:30-20:00 (area taman), dengan harga tiket 14 euro (dewasa) dan 14 euro (anak 6-17 tahun).

2. Castle of the Moors

Reruntuhan Castle of the Moors mencatatkan sejarah sekitar abad ke-8, di mana kastel ini mengalami ekspansi dan dibangun ulang selama beberapa kali. Sempat ditinggalkan bahkan terlupakan pasca insiden kebakaran, gempa bumi, sekitar 1800-an kastel ini mulai direstorasi. Sama seperti Pena Palace, Castle of the Moors juga dibangun di puncak bukit yang akan memberi gambaran kawasan pedesaan sekitarnya kepada pengunjungnya, mulai dari kota Sintra hingga Samudra Atlantik nan jauh di sana. Anda dapat mengunjungi kastel ini sebelum atau sesudah mendatangi Pena Palace dan Pena Park karena jaraknya dapat ditempuh dengan berjalan kaki saja. Castle of the Moors buka setiap hari mulai pukul 09:30-20:00, dengan tiket masuk 8 euro (dewasa) dan 6,50 euro (anak 6-17 tahun).

3. Pena Park

Di atas lahan seluas 200 hektar, Pena Park merupakan kawasan alam di Sintra yang menawarkan trek jalan didampingi hutan yang asri. Dibangun di periode yang sama dengan Pena Palace, Pena Park menjadi rumah bagi 500 spesies tanaman, pepohonan, dan bunga-bungaan dari seluruh dunia, seperti dari Amerika Serikat, Selandia Baru, Australia, Tiongkok, hingga Jepang. Bagian ikonik dari perjalanan ke Pena Park adalah Cruz Alta yang merupakan titik tertinggi di perbukitan Sintra. Dengan tiket masuk 7,50 euro, Anda direkomendasikan untuk menyediakan waktu beberapa jam mengitari kawasan taman ini.

4. Quinta da Regaleira

Bangunan dari abad ke-19 ini merupakan istana bersejarah yang diliputi menara, gargoyle, kapel bergaya Gotik, plus jajaran lukisan dan jendela berkaca patri. Yang menarik dari Quinta da Regaleira adalah di bawah bangunannya memiliki sistem terowongan yang rumit, yang menghubungkan satu perkebunan dengan perkebunan lainnya, termasuk ke bawah kapel, danau, dan area sumur yang kerap menjadi objek foto favorit para wisatawan. Area bawah tanah ini digunakan untuk acara seremoni, termasuk inisiasi tarot. Quinta da Regaleira buka setiap hari, mulai pukul 09:30-18:00 (musim dingin) dan 20:00 (musim panas) dengan tiket masuk 6 euro.

5. National Palace of Sintra

Satu lagi istana yang mesti didatangi saat berada di Sintra adalah National Palace of Sintra, yang merupakan satu-satunya istana Abad Pertengahan di Portugal yang tersisa dan masih berdiri hingga sekarang. Sayangnya, tidak ada catatan resmi yang menyebutkan kapan bangunan ini didirikan, konon istana ini berdiri sekitaran 1147. Yang mencolok dari National Palace of Sintra adalah sepasang cerobong berbentuk kerucut, yang menjadi bagian area dapur. Bagian ikonik lainnya adalah Magpie room yang dulunya difungsikan sebagai ruangan untuk mengobrol dan merancang rencana kerajaan. Untuk menghindari padatnya pengunjung, disarankan mendatangi istana begitu jam buka atau beberapa jam sebelum tutup. National Palace of Sintra buka setiap hari, mulai pukul 09:30-19:00 (musim panas), dengan tiket masuk 10 euro.

Q