Destinasi Favorit untuk Merayakan Tahun Baru Cina

February 15th, 2018 / / Comments Off on Destinasi Favorit untuk Merayakan Tahun Baru Cina
Posted in Editor's Picks

Perayaan Tahun baru Cina tidak hanya dirayakan oleh orang Tionghoa saja, namun bisa dinikmati siapa saja yang ingin melihat langsung keseruan tradisi tahunan ini. Skyscanner merilis sejumlah daftar kota yang menawarkan suasana otentik dari perayaan istimewa ini.

  1. Beijing

Tak ada destinasi lain yang lebih tepat selain mengunjungi jantung dari pusat selebrasi Tahun Baru Cina, yaitu Beijing. Kunjungan ke ibu kota Tiongkok ini wajib hukumnya untuk mengunjungi Changdian Temple Fair dan mencari berbagai kudapan serta camilan tradisional, kemudian dilanjutkan dengan mendatangi Istana Musim Panas untuk menyaksikan pertunjukan tari yang rutin diadakan, yang biasa berlangsung selama seminggu, dengan tiket masuk 10 yuan. Untuk mendatangi istana, pengunjung bisa menaiki kereta di Jalur 4 dan turun di Stasiun Yuanmingyuan. Tradisi ini memang sudah dilangsungkan sejak Dinasti Qing berkuasa (1644-1911), di mana perayaan tahun baru akan diisi dengan berbagai pertunjukan seni dan olahraga.

  1. Shanghai

Dibandingkan Beijing yang lebih gegap-gempita, Shanghai lebih tenang dalam menyambut pergantian tahun , hal ini dipengaruhi penduduk kota yang menghabiskan waktu di luar Shanghai untuk merayakannya, sehingga situasi perkotaan terasa lenggang dari biasanya. Jika bertandang ke Shanghai, kunjungi Kuil Longhua saat malam tahun baru untuk melihat lonceng terkenal yang akan dipukul para biksu sembari menghitung mundur waktu menuju pergantian tahun. Satu yang tak boleh dilupakan adalah mencicipi Niangao, kudapan khas Imlek yang dapat dibeli di Xiandelai.

  1. Hong Kong

Selain marak saat selebrasi tahun baru masehi, Hong Kong juga menjadi destinasi favorit untuk merayakan Tahun Baru Cina. Kemeriahan pesta terlihat dari parade malam dengan tema tertentu yang berlangsung di jalan-jalan kota, festival bunga, perlombaan pacuan kuda, dan tentu saja atraksi kembang api yang berlangsung di Pelabuhan Victoria. Untuk tahun ini, kemeriahan Tahun Baru Cina berlangsung dari 10 Februari hingga 4 Maret 2018. Sebagai catatan, di musim perayaan ini, sebagian besar kantor-kantor pemerintahan, bank, dan gedung publik tidak beroperasi, walaupun begitu, toko-toko dan restoran di distrik-distrik strategis tetap buka, bahkan beberapa pusat perbelanjaan memperpanjang jam operasional hingga beberapa jam. Wisatawan masih dapat menikmati kunjungan ke tempat-tempat wisata yang tetap beroperasi seperti biasanya.

  1. Taipei

Sebagai ibu kota Taiwan, Taipei ternyata tidak terlalu marak dalam menyambut perayaan tahun baru, karena sebagian penduduknya pulang ke kampung halaman untuk merayakan selebrasi ini. Bagi wisatawan, tentu menjadi keuntungan tersendiri karena dapat menikmati suasana kota yang sepi dari keramaian. Wisatawan direkomendasikan untuk menikmati suasana Tahun Baru Cina dengan melewati Jalan Angkang dan Boaqing yang dihiasi dengan dekorasi cantik khas Imlek. Jika malam tiba, disarankan untuk mengunjungi Kuil Wumiao untuk melihat jajaran lentera cantik dan atraksi kembang api, di mana parade ini dimulai dari Jalan Anxing.

  1. London

Walau bukan merupakan negara dengan mayoritas penduduk Tiongkok, namun kota London terlihat maksimal dalam merayakan Tahun Baru Cina. Masih dalam suasana musim dingin, keceriaan dihadirkan dalam parade seni yang melewati kawasan bersejarah di ibu kota Inggris ini, termasuk Magical Lantern Festival atau festival lentera yang biasa mempermanis malam di London yang biasa digelar di Rumah Chiswick. Bagi masyarakat Tiongkok yang bermukim di London, selebrasi ini dirayakan dengan makan dimsum dan minum baijiu. Jika berencana untuk menghabiskan pergantian tahun di London, pastikan untuk mengecek ramalan cuaca sebelum berangkat, untuk mempersiapkan pakaian yang tepat dikenakan seharian. Disarankan tiba sebelum waktu acara dimulai, mengingat banyaknya pengunjung yang akan hadir, serta jangan bertahan di satu kawasan saja, seperti hanya di Trafalgar Square saja, tapi pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan di Panggung Hong Kong di Jalan Charing Crosa dan Panggung Keluarga di Shaftesbury Avenue.

  1. New York

Kemeriahan Tahun Baru Cina di New York terasa sama seperti keseruan tahun baru masehi. Festival dan bazaar kuliner Tiongkok berlimpah sepanjang mata memandang, seperti sepiring pangsit seharga satu dolar yang super lezat, yang dapat dinikmati di Jalan Mott. Tak hanya pesta kuliner khas Imlek, penikmat tradisi Imlek dapat melihat langsung parade berupa pertunjukan tari yang mengambil lokasi di Brookfield Place, sebelum larut dalam keseruan penyalaan petasan dan pertunjukan seni lainnya. Jika terlalu lelah menikmati keseruan seremoni, bisa istirahat sejenak sembari menikmati minum di bar-bar terbaik di kawasan Chinatown, seperti Apothéke, Mulberry Project, 169 Bar, dan Asia Roma.

  1. San Fransisco

Selain New York, San Fransisco termasuk salah satu kota di daratan Amerika Serikat yang memiliki catatan penting dalam perayaan Tahun Baru Cina, di mana kota ini sudah merayakannya sejak pertengahan 1800-an. Kini, perayaannya semakin besar dan masif, dengan melibatkan atraksi liong berukuran besar. Kemeriahan pesta tahun baru di kota ini disemarakkan dengan lomba lari Chinatown YMCA Run, Festival Pasar Bunga, juga kesempatan untuk menggoreskan kemampuan kaligrafi melalui Community Street Fair di Grand Avenue. Sedangkan untuk parade Tahun Baru Cina, akan diadakan pada 24 Febuari 2018, dimulai pukul 17:15 dari pojok Jalan 2nd dan Market menuju kawasan Chinatown dan berakhir di Jalan Jackson dan Keamy, di mana parade biasanya berakhir sekitar pukul 20:00.