3 Tempat “Antimainstream” untuk Nikmati Sakura

December 16th, 2018 / / Comments Off on 3 Tempat "Antimainstream" untuk Nikmati Sakura
Posted in Editor's Picks

Lupakan Tokyo atau Osaka untuk menikmati sakura dan ikut melakukan hanami (piknik di bawah pohon sakura) bersama warga setempat. Bertolaklah ke kawasan Tohoku di timur laut Jepang untuk sebuah pengalaman menikmati bunga yang hanya mekar selama seminggu ini tanpa harus berdesakan dengan massa. Karena letaknya di utara dan terdapat perbedaan cuaca, maka sakura di kawasan ini pun lebih lambat mekarnya dibandingkan dengan sakuran di Tokyo atau Osaka, yaitu rata-rata awal April hingga awal Mei. Dengan begitu, tiket pesawat dan akomodasi pun dapat lebih terjangkau karena sudah sedikit lewat dari high season. Dengan memulai perjalanan dari Tokyo, berada di Tohoku di musim sakura bermekaran, jangan lewatkan tempat-tempat berikut.

  1. Taman Kitakami Tenschochi

Taman ini ditumbuhi sekitar 10.000 pohon sakura dari 150 spesies yang akan bermekaran bergantian sekitar pertengahan April hingga awal Mei. Dengan begitu, wisatawan memiliki sekitar dua minggu untuk bisa menikmati sakura, di mana di sini juga dapat dinikmati sambil naik delman keliling taman. Khusus di musim sakura, dari taman yang dibelah sungai ini tersedia layanan kapal untuk langsung menuju Stasiun JR Kitakami, sehingga tersedia satu lagi cara untuk mengagumi bunga yang cantik ini, yaitu dari refleksi permukaan air yang tenang.

2. Kastel Hirosaki

Sakura di kompleks taman kastel ini bermekaran pada akhir April hingga awal Mei. Di puncak kemekarannya itulah sejumlah 2600 bagai menutup taman dengan warna merah muda yang indah. Dari mana pun seseorang memotret tempat ini, yang didapat adalah foto-foto yang indah bagai di negeri dongeng. Di sini, pengunjung juga dapat menikmati sakura dengan mendayung sendiri perahu di parit sisi barat yang di tepinya berderet pohon sakura. Beberapa hari setelah mekar, kelopak sakura akan berjatuhan ke parit sehingga menutup parit sehingga perairan di sini bagai tertutup karpet berwarna merah muda dan menciptakan suasana unik. Di  malam hari, pohon-pohon sakura di sini juga diberi iluminasi untuk menciptakan suasana romantis berlatarkan kastel megah yang berlokasi 15 menit naik bus dari StasiunJR Hirosaki.

3. Taman Hanamiyama

Di taman ini, 10 jenis sakura yang bermekaran tak hanya berwarna merah muda, namun ada juga yang putih bagai kapas, dan mulai mekar pada awal hingga akhir April. Menikmati sakura di taman ini juga akan menawarkan pengalaman tak terlupakan berkat latar Gunung Azuma yang puncaknya bersalut salju. Tak heran, dalam bahasa Jepang, kata “hanamiyama” berarti gunung tempat untuk menikmati bunga-bunga bermekaran. Selain sakura bunga forsythia yang berwarna kuning cerah  juga bermekaran di sini, sehingga memberikan nuansa yang berbeda dari tempat-tempat lain yang populer untuk menikmati sakura. Hanamiyama awalnya merupakan taman pribadi dari seorang warga yang memang hobi berkebun. Ia sengaja menanami seluruh bukit dengan bunga, sehingga musim semi selalu menjadi musim yang ditunggu-tunggu. Kemudian, pemilik taman memutuskan untuk membuka propertinya untuk umum agar mereka pun dapat ikut menikmati keindahan bunga-bunga yang ditanamnya. Untuk menuju taman ini, naik bus dari Stasiun JR Fukushima yang hanya tersedia di musim sakura, kemudian lanjut berjalan kaki selama 10 menit.